Bahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan Manusia

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Bahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan Manusia.

ebola4

Penyakit Virus Ebola ( Ebola Virus Diseases ) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Demam Berdarah Ebola  adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Virus Ebola dapat menyebabkan penyakit akut serius yang akan berakibat fatal jika tidak diobati. Riwayat penyakit Penyakit Virus Ebola ( EVD ) pertama kali muncul pada tahun 1976 di 2 wabah simultan, yang pertama di kota Nzara, Sudan Selatan, dan yang lainnya di Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Yang terakhir ini terjadi di sebuah desa di dekat Sungai Ebola, nama virus ebola dinamai dari sungai ini karena merupakan penyebaran virus ebola terbesar di dunia.

Bahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan ManusiaBahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan Manusia – Saat ini ebola telah menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan selain HIV / AIDS, SARS, Flu burung, Flu babi. Karena Penyebaran virus ini terbilang sangat cepat dan sulit ditanggulangi. Bahaya virus ebola bagi tubuh manusia adalah virus tersebut menyerang secara mendadak dengan gejala awal penderita akan merasakan demam tinggi, lemas, nyeri otot, dan sakit kepala. Gejalanya sama seperti penyakit malaria dan penyakit endemik di Afrika Barat. Bahaya lain dari penyakit ebola adalah hampir 90% pasien biasanya meninggal karena gagal ginjal, kehabisan darah, dan shock hanya dalam beberapa hari saat terserang penyakit ini.

Mekanisme virus Ebola dalam tubuh manusia :

  1. Mengumpalkan darah
    Penyakit Ebola ditularkan melalui kontak fisik langsung seperti melalui darah, seksresi, atau lendir dalam tubuh yang terinfeksi virus ini. Hal ini merupakan masalah bagi banyak orang di negara-negara Afrika Barat saat ini, karena di negara tersebut masih kental dengan praktek agama yang melibatkan kontak fisik dekat.
  2. Menyerang sel lain
    Sekali terserang pada aliran darah maka akan berakibat pada sel-sel tubuh yang lain. Virus tersebut akan bereaksi dengan kolagen yang bentuknya menghubungkan jaringan otot dan organ lain bersamaan. Saat menyebar, virus tersebut akan menyerang hati, ginjal, otak, usus, dan mata.
  3. Menyebabkan pendarahan
    Pada tahap akhir dari gejala ini adalah perdarahan internal dan eksternal pada organ tubuh dan pembuluh darah yang mulai rusak. Perdarahan dapat terjadi di dalam jantung, bekas luka, dan mukosa membran (seperti mata).

Faktor pembawa Virus Ebola :

1.-kelelawar-pemakan-buah-jenis-kelelawar-pemakan-buah-300x200Selain dari kontak langsung, masih ada faktor lain yang membawa virus mematikan ini yaitu dari Hewan liar terinfeksi yang ada di hutan, seperti simpanse, gorila, kelelawar buah, monyet, kijang hutan dan landak ditemukan sakit atau mati atau di hutan hujan. Karena itulah WHO memperingatkan terhadap penduduk sekitar untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi daging satwa liar dan menghindari kontak dengan kelelawar atau monyet dan kera. Kelelawar pemakan buah khususnya yang dianggap lezat di daerah Guinea dimana wabah ini dimulai.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah virus ebola :

Hindari kontak langsung dengan mereka yang sudah terinfeksi Ebola dan hindari cairan tubuh mereka. WHO menyarankan, Jangan menyentuh apa pun dari apa yang biasa mereka gunakan sehari-hari seperti handuk, pakaian, alat-alat makan. Sedangkan bagi tenaga medis yang sedang melakukan penanganan medis bagi pasien penderita ebola, maka mereka harus melengkapi diri mereka dengan Surgical cap, kacamata, masker bedah, respirator, scrub medis, overall, sarung tangan ganda, celemek, dan sepatu bot. Semua itu memang perlu digunakan guna menjaga dan mencegah virus ebola menular ke tenaga medis.

Begitulah yang bisa saya sampaikan tentang penyakit virus ebola, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon maaf bila ada salah kata !

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca juga :

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Apakah Kopi Bisa Menyebabkan Kematian ?

Bahaya Sianida Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Dan Dampak Penyakit / Virus Ebola Bagi Kesehatan Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *