Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan

      Tak ada komentar pada Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan. Berikut penjelasannya.

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi KesehatanBahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan – HandPhone atau yang biasa disingkat HP adalah perangkat elektronik untuk komunikasi nirkabel ( tanpa kabel ) yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun handphone dapat dibawa kemana saja sehingga lebih portable. Saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM ( Global System for Mobile Telecommunications ) dan sistem CDMA ( Code Division Multiple Access ). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI). Seiring perkembangan zaman khususnya dalam bidang teknologi dan komunikasi telah membuat pengguna handphone naik begitu pesat.

Pada 2016 saja ada 7,4 miliar pengguna handphone di seluruh dunia ( dikutip dari wikipedia ), besarnya jumlah pengguna handphone ini dikarenakan, benda ini sudah seperti bagian hidup dari seseorang. Anda juga tentunya seorang pengguna handphone, bukan ? apa yang anda rasakan bila tidak memegang handphone dalam sehari saja ? tentu rasanya seperti ada yang hilang dan kurang dalam hidup anda. Nah, para pembaca tahukah anda ? ada hal buruk dari perangkat ini yang berdampak pada kesehatan anda yang sangat sedikit orang yang mengetahuinya. Apakah itu ? Berikut pemaparannya.

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi KesehatanAda beberapa alasan yang membuat handphone berbahaya bagi kesehatan, yaitu karena handphone memancarkan gelombang radio, yang akan membenbentuk radiasi elektromagenetik. Radiasi elektromagnetik dapat dikategorikan menjadi dua jenis : pengion ( misalnya, x-ray, radon, dan sinar kosmik ) dan non-pengion ( misalnya, frekuensi radio dan sangat rendah frekuensi atau frekuensi daya ).

Paparan radiasi pengion, seperti dari terapi radiasi, diketahui meningkatkan risiko kanker. Namun, meskipun banyak penelitian telah meneliti efek kesehatan potensial dari radiasi non-pengion dari radar, microwave oven, dan sumber-sumber lain, saat ini belum ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-pengion meningkatkan risiko kanker.  Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP :

  1. kanker.
  2. Tumor otak.
  3. Parkinson.
  4. Alzheimer.
  5. Sakit kepala.

Meskipun belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan bahwa ada dampak serius bagi tubuh dari penggunaan handphone, namun ada beberapa pengguna ponsel telah melaporkan bahwa mereka merasakan berbagai gejala saat atau setelah penggunaan ponsel, yaitu seperti panas dan kesemutan pada kulit kepala, kelelahan, gangguan tidur, pusing, sakit kepala. Laporan ini sedang diteliti penyebabnya, apakah benar karena radiasi ponsel atau karena stres.
Menurut Dr. Lennart Hardell, seorang peneliti Swedia, mengemukakan bahwa penggunaan ponsel selama satu jam per hari dalam kurun waktu sepuluh tahun dapat meningkatkan resiko terkena tumor otak.

 Handphone mengancam kesehatan anak-anak

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi KesehatanSecara teori, anak-anak memiliki potensi resiko yang lebih besar daripada orang dewasa untuk berkembangnya kanker otak dari handphone. Hal ini disebabkan, karena Sistem saraf mereka masih dalam tahap perkembangan dan sehingga anak-anak lebih rentan terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan kanker. Dan anak-anak memiliki masa penggunaan handphone jauh lebih lama daripada orang dewasa. Karena itulah, untuk anda para orang tua sebaiknya anda lebih memperhatikan aktifitas keseharian anda, terlebih lagi jika anak anda seorang pengguna aktif perangkat elektronik tersebut agar anak anda terhindar dari hal-hal yang tidak diingankan.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah / mengurangi radiasi handphone

  • Kurangi / batasi waktu penggunaan handphone anda.
  • Ketika sedang melakukan / menerima panggilan, sebaiknya gunakan earphone atau loudspeaker, tujuannya untuk mengurangi radiasi handphone ke otak anda.
  • Pada saat melakukan/menerima panggilan, gunakan telinga secara bergantian.
  • Penggunaan handphone sebaiknya dilakukan di tempat yang luas.
  • Kurangi penggunaan smartphone ( blacberry, i-phone, android  ) karena jenis handphone tersebut memancarkan radiasi yang lebih kuat dari handphone biasa.
  • Jika anda beranjak tidur sebaiknya matikan hp anda dan jangan letakan hp anda dengan kepala anda.
  • Gunakan Casing  anti-radiasi handphone.

Well good people, itulah sekilas info tentang bahaya dari penggunaan handphone untuk kesehatan kita. Yah, mungkin banyak penelitian yang dilakukan guna membuktikan dampak buruk dari radiasi handphone, namun penelitian tersebut mengemukakan hasil yang berbeda-beda. Terlepas dari penelitian mana yang benar dan mana yang salah, ada baiknya kita menyikapinya dengan cara waspada  dan mengantisipasinya saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga

Manfaat Dan Khasiat Tauge Untuk Kesehatan

Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

Makanan Sehat Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *