Bahaya Virus Zika

      Tak ada komentar pada Bahaya Virus Zika

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Bahaya Virus Zika dan berikut penuturannya.

Bahaya Virus Zika – Mungkin istilah virus zika sedikit asing bagi telinga anda, lalu sebenarnya, apa itu virus zika ? Virus Zika merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Virus zika pertama kali  ditemukan pada tahun 1948 dari monyet di hutan Zika Uganda, jadi sepertinya nama virus Zika sendiri merupakan nama hutan tempat dimana virus ini ditemukan. Selanjutnya beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara,  Mikronesia, Amerika Latin, Karibia melaporkan  penemuan virus Zika ini.

Bahaya Virus Zika

Bahaya Virus Zika Secara umum, Virus Zika sebenarnya sangat mirip dengan demam berdarah, demam kuning, ensefalitis Jepang, dan West Nile virus. Virus Zika ditularkan oleh nyamuk yang aktif pada siang hari seperti spesies Aedes, yaitu Aedes aegypti, dan nyamuk arboreal  seperti Aedes africanus, Aedes apicoargenteus, Aedes Furcifer, Aedes hensilli, Aedes luteocephalus dan Aedes vitattus. virus ini sebenarnya tidak separah demam berdarah, karena hanya membuat tubuh seseorang demam, ruam, nyeri sendi, dan membuat mata menjadi merah . Penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa hari sampai seminggu.

Infeksi virus ini menjadi mengkhawatirkan sejak Pan American Health Organization (PAHO) mengeluarkan peringatan mengenai infeksi virus Zika di Brasil yang menyebabkan wanita hamil dengan kelahiran bayi cacat, pada Mei 2015. Jika seorang ibu yang tengah hamil terinfeksi virus Zika dalam waktu yang dekat dengan persalinan, si ibu tersebut dapat menularkan virus ke bayinya pada waktu kelahiran, meskipun ini jarang terjadi.

Bahaya Virus Zika sampai saat ini jumlah penderita virus zika terbanyak berada di kolombia Amerika selatan, dengan jumlah penderita sekitar 20.000 orang, 2.116 diantaranya adalah wanita hamil. WHO telah mengeluarkan peringatan bahwa, virus ini menyebar dengan cepat di amerika, dengan jumlah penderita sekitar tiga sampai empat jutaan pada tahun ini. Meskipun gejala dari virus ini raltif ringan, namun virus ini diyakini ada kaitannya dengan lonjakan kasus mikrosefali, yaitu suatu kondisi dimana bayi lahir abnormal dengan kondisi kepala dan otak yang kecil. Berikut adalah informasi yang lebih detail tentang virus zika :

Gejala Dari Virus Zika

  • Gejala yang paling umum dari virus zika adalah demam, ruam, nyeri sendi, atau mata merah. Gejala umum lainnya seperti sakit otot dan sakit kepala. Masa inkubasi ( waktu dari paparan gejala ) untuk penyakit virus zika adalah beberapa hari sampai seminggu.
  • Penyakit ini biasanya terbilang ringan dengan gejala yang berlangsung selama beberapa hari sampai satu minggu.
  • Virus Zika biasanya tetap dalam darah dari orang yang terinfeksi selama beberapa hari dan dapat ditularkan pada beberapa orang.
  • Virus zika jarang membutuhkan perawatan di rumah sakit.
  • Kematian jarang terjadi.

Diagnosa Untuk Virus Zika

  • Gejala Zika mirip dengan demam berdarah dan chikungunya, penyakit yang menyebar melalui nyamuk yang sama yaitu aedes aegepty.
  • periksa ke dokter jika timbul gejala-gejala yang dijelaskan di atas dan apabila telah mengunjungi daerah di mana virus Zika tengah menyebar.
  • Jika Anda baru saja melakukan perjalanan, beritahu dokter Anda kapan dan di mana Anda bepergian.
  • Penyedia layanan kesehatan dapat melakukan tes darah untuk memeriksa dan memastikan apakah anda mengidap virus Zika atau virus sejenis lainnya seperti demam berdarah atau chikungunya.

Pengobatan Untuk Virus Zika

  • Beristirahatlah yang banyak.
  • Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum obat seperti asetaminofen untuk mengurangi demam dan rasa sakit.
    Jangan minum aspirin dan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAIDs), seperti ibuprofen dan naproxen. Jika Anda minum obat untuk kondisi medis lain, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat tambahan.
  • Jika anda terlanjur mengidap virus Zika, usahakan untuk mencegah gigitan nyamuk selama seminggu.
  • Selama minggu pertama infeksi, virus Zika masih berada dalam darah dan dikhawatirkan dapat ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk.

Virus Zika sendiri telah sampai ke indonesia, Seorang pria di Jambi dinyatakan positif terinfeksi virus Zika. Menurut The Eijkman Institute for Molecular Biology, menyatakan, pria berusia 27 tahun yang tinggal di Jambi, positif terinfeksi virus Zika meskipun belum pernah bepergian ke luar negeri. Semula, pria itu diduga terkena penyakit demam berdarah. Namun, hasil uji medis menyatakan dia negatif demam berdarah. Setelah diteliti lebih lanjut, dia dinyatakan positif terinfeksi virus Zika.

Baiklah para pembaca, demikian info yang dapat saya sampaikan kepada anda tentang virus zika. Mungkin virus ini belumlah menjadi ancaman yang serius bagi negara kita dalam bidang kesehatan, namun, alangkah baiknya kita harus senantiasa waspada dan mengantisipasi dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga

Bahaya Radiasi HandPhone Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Bahaya Virus Zika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *