Penyebab Insomnia

      Tak ada komentar pada Penyebab Insomnia

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas tentang Penyebab Insomnia serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab InsomniaPenyebab Insomnia – Insomnia merupakan suatu gangguan dimana seseorang kesulitan untuk dapat tidur. Yah, anda juga tentunya pernah mengalami atau bahkan sedang mengalami gangguan tersebut, meskipun sebenarnya insomnia bukanlah sebuah penyakit namun hanyalah sebuah gejala saja. Meskipun bukan sebuah penyakit, akan tetapi, jika seseorang mengalami gangguan tidur tersebut setiap malam tentunya ini akan menjadi sebuah masalah, karena anda juga tentu tahu bagaimana dampak dari kurangnya waktu tidur.

Kurang tidur akan berdampak pada gangguan psikologi seseorang, seperti menjadi emosional dan agresif, menurunkan daya konsentrasi, berakibat buruk bagi kesehatan, dapat meningkatkan resiko pikun di usia muda, dan masih banyak lainnya. Hal kecil seperti gangguan tidur tersebut memang kerap tidak terlalu ditanggapi serius oleh semua orang, namun alangkah baiknya anda janganlah seperti itu. Karena hal-hal kecil seperti insomnia nantinya bisa berdampak lebih buruk bagi kesehatan jika gangguan tersebut tidak segera di tabggapi. Dan untuk menanggapi hal tersebut anda tentunya harus tahu dulu sumber dari insomnia tersebut. dan berikut adalah penjelasan tentang gangguan tersebut.

Penyebab Insomnia

Insomnia pada umumnya disebabkan oleh penggunaan obat-obatan atau karena adanya gangguan psikologi pada diri seseorang. Gangguan tersebut bisa karena masalah pribadi, penggunaan obat-obatan, atau bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein seperti kopi dan minuman energi, kadang juga seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Insomnia sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Selain berdampak pada psikologi seseorang, insomnia juga akan memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti :

  • Menurunkan konsentrasi seseorang, jika anda seorang pengemudi kendaraan maka berhati-hatilah karena penyebab kecelakaan kerap terjadi karena si pengemudi tidak konsentrasi dan mengantuk.
  • Meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Menurunkan gairah sexual, Menurut penuturan spesialis ahli tidur, jika pria dan wanita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka akan berakibat menurunnya libido sex mereka.
  • Menyebabkan Depresi, jika seseorang mengalami gangguan tidur setiap malam, maka seiring berjalannya waktu akan menyebabkan gejala depresi . Dalam sebuah studi pada tahun 2007 dari 10.000 orang, orang-orang yang mengalami insomnia beresiko 5x lebih besar untuk menderita depresi daripada mereka yang tidak mengalami insomnia.
  • Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit, Jika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol dalam jumlah yang berlebih, hormon ini nantinya dapat memecah protein, kolagen pada kulit, yang membuat kulit menjadi halus dan elastis.
  • Kurang tidur dapat meningkatkan resiko kematian, peneliti Inggris meneliti bagaimana pola tidur berpengaruh pada jumlah kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Hasilnya, diterbitkan pada tahun 2007, menunjukkan bahwa mereka yang mengurangi waktu tidur mereka dari tujuh menjadi lima jam atau kurang Secara khusus meningkatkan resiko dua kali lipat kematian dari penyakit kardiovaskular ( penyakit jantung ).

Pengobatan Insomnia

Well good people, dampak dari insomnia ternyata memang sangat besar bagi kesehatan manusia. Dan bagi mereka yang ingin sembuh dari gangguan tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Berkonsultasi dengan pakar psikologis.
  • Hypnoterapi ( terapi dengan metode hipnotis ).
  • Jika penyebabnya adalah depresi, maka biasanya diberikan obat anti-depresi.
  • Jika si penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu.

Pencegahan Insomnia

Bagi anda yang belum mengalami gangguan tersebut ada baiknya anda melakukan tindakan pencegahan sebagai pilihan terbaik agar terhindar dari gangguan tersebut. Dan cara yang bisa anda lakukan adalah dengan Jangan sering begadang, Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein hindari / hentikan kebiasaan meminum kopi sebelum tidur, Jangan banyak terlibat masalah, salah satu penyebab dari gangguan tidur adalah dari emosional seseorang yang biasnya dipicu karena banyaknya masalah. Yah, memang diperlukan gaya hidup serta pikiran yang sehat agar senantiasa terhindar dari gangguan yang berpengaruh pada kesehatan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon Maaf bila ada salah kata.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga

Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan

Bahaya Kanker Payudara

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Penyebab Insomnia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *