Fakta Tentang Minyak Zaitun

      Tak ada komentar pada Fakta Tentang Minyak Zaitun

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas Fakta Tentang Minyak Zaitun.

Fakta Tentang Minyak ZaitunFakta Tentang Minyak Zaitun – Minyak zaitun, yah hampir semua orang mengenal minyak yang satu ini. Minyak Zaitun berasal dari keluarga Oleaceae, termasuk dalam genus Olea dan memiliki Nama ilmiah Olea europaea. Minyak zaitun diambil dari pohon zaitun yang tumbuh secara lambat dengan ciri ciri batang pohonnya keriput dan berwarna abu-abu, dengan cabang pohon yang trerpecah – belah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 kaki di habitat aslinya dan dapat bertahan hidup selama lebih dari 500 tahun. Minyak zaitun dapat Tumbuh dengan baik di bawah es dan lingkungan yang kering, dengan kondisi tanah yang hangat.

Minyak zaitun sendiri di hasilkan dari buah zaitun, pada umumnya pada saat panen,  buah ini berbentuk bulat gemuk dengan warna kekuning-kuningan ketika sudah mulai matang yang tadinya berwarna hijau ketika masih mentah. Minyak zaitun biasa digunakan untuk bahan memasak, bahan kosmetik, obat herbal, dan sabun. dan juga Minyak zaitun sangat berkhasiat untuk kesehatan karena kandungan lemak tak jenuh yang tinggi ( asam oleik dan polifenol ).

Fakta Tentang Minyak Zaitun

Sekilas tentang pengenalan dari minyak tersebut, sekarang kita lanjutkan mengenai fakta menarik seputar minyak zaitun yang berhasil kami rangkum, dan berikut pemaparannya.

  1. Yunani menduduki peringkat ketiga di dunia sebagai produsen minyak zaitun dan sebagai eksportir terbesar minyak zaitun di dunia karena dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Kualitas minyak zaitun yang begitu baik itu sangat diminati oleh negara-negara di eropa seperti Italia dan Spanyol.
  2. Orang Yunani mengkonsumsi rata-rata 26 liter minyak zaitun setiap tahunnya.
  3. Minyak zaitun mengandung asam oleat yang sangat tinggi yang sering digunakan sebagai pengobatan untuk mengurangi tekanan darah pada para penderita hipertensi.
  4. Minyak zaitun dihasilkan dari 100% buah zaitun tanpa campuran bahan kimia apapun. Sehingga menghasilkan minyak zaitun yang jernih dan segar.
  5. Minyak zaitun akan memiliki kualitas yang lebih baik apabila disimpan selama satu tahun atau lebih, minyak zaitun terbaik digunakan sebagai bahan memasak seperti minyak segar yang sering digunakan untuk dressing pada salad dan makanan lainnya.
  6. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi jika dibandingkan dengan lemak hewan, yang cenderung mengandung lemak jenuh yang tinggi. Studi membuktikan bahwa jika Anda mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, maka anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
  7. minyak dari buah zaitun mengalir secara alami ketika hancur dalam proses pembuatannya, vitamin dan bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya tidak akan hancur meskipun bercampur dengan bahan kimia dan pengawet sekalipun.
  8. Satu pohon zaitun dapat menghasilkan sekitar empat liter minyak setiap tahun.

Kandungan Minyak Zaitun

  • Secara ilmiah minyak zaitun mengandung Trigliserida , gliserol , pigmen , senyawa aroma , sterol, tokoferol, fenol, komponen resin teridentifikasi dan lain-lain.
  • Oleic Acid, inilah sebabnya kenapa lemak yang terkandung dalam minyak zaitun tergolong dalam lemak yang tak jenuh,  sekaligus menjadikannya sebagai minyak nabati terbaik.
  • Tokoferol. selain oleic acid faktor yang mempengaruhi minyak zaitun menjadi minyak dengan lemak tak jenuh adalah kandungan tokoferol nya serta campuran dari vitamin E sehingga menjadikannya sebagai asam lemak tak jenuh ganda.
  • Senyawa fenolik, Sebagian besar senyawa ini banyak terkandung dalam minyak zaitun. Senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan stabilitas oksidatif dan meningkatkan rasa. Hydrohytyrosol, tyrosol dan beberapa asam fenolik lainnya telah ditemukan dalam minyak zaitun.

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Kandungan unik dalam minyak zaitun tentunya memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, dan berikut adalah khasiat dari minyak zaitun :

  1. Berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah karena minyak zaitun mengandung asam oleat yang tinggi.
  2. Berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas yang memicu berbagai permasalahan kulit karena Minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan termasuk vitamin E , karotenoid dan oleuropein. Minyak zaitun sangat di anjurkan untuk di konsumsi bagi kaum hawa sejak zaman mesir kuno karena terbukti efektif untuk merawat kulit dan mampu mengobati berbagai permasalahan kulit, sehingga dengan mengkonsumsi minyak zaitun sangat baik untuk perawatan kecantikan.
  3. Minyak zaitun dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi resiko terkena kanker, seperti kanker payudara, prostat, dan endometrium.
  4. Berdasarkan penelitian, dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Karena minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh.
  5. Minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  6. Berkhasiat sebagai Anti Inflamasi, karena Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, polifenol dikenal dapat membantu dan melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi.

Para pembaca sekalian, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda mengenai minyak zaitun. Setelah anda menyimak dengan baik artikel di atas, tentunya anda ingin membuktikan khasiat dari minyak tersebut atau bahkan mungkin anda sudah membuktikan seperti apa hebatnya khasiat dari minyak zaitun ini. Yah, mengkonsumsi minyak zaitun memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon maaf bila ada salah kata.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga

Fakta Tentang Ginkgo Biloba

Manfaat Chitosan Untuk Kesehatan

Apakah Kopi Bisa Menyebabkan Kematian ?

Bahaya Sianida Bagi Kesehatan Manusia

Fakta Tentang Minyak Zaitun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *