Tips Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas tentang bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami.

Mengenal lebih jauh apa itu kolesterol ?

336902_kolesterol_663_498Tips Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami – Istilah kolesterol tentunya sudah tidak asing lagi bagi telinga anda. Namun, apakah anda tahu, sebenarnya apa itu kolesterol ? jika anda di ajukan pertanyaan tersebut, tentunya anda akan merasa sedikit bingung akan memberi jawaban seperti apa, apalagi jika anda berasal dari masyarakat awam, tentunya anda hanya mengetahui kolesterol sebagai penyakit saja. Namun, semua itu tidaklah benar. Mengapa ? Berikut penjelasannya.

Kolesterol adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang disebut lipid.  Penghasil utama zat dari ini adalah organ hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, tapi tetap bisa membahayakan kesehatan.

Agar kolesterol dapat berguna bagi tubuh, dibutuhkan protein untuk membawa kolesterol tersebut masuk ke dalam darah. Protein tersebut dikenal dengan nama lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yaitu :

  • hdl ldlHigh-Density Lipoprotein ( HDL / Kolesterol yang baik )Adalah kolesterol  yang bertugas mengangkut kolesterol dari sel sel menuju ke hati. HDL juga bisa berperan sebagai pemulung dari sampah-sampah LDL di sepanjang dinding pembuluh darah. Karena itulah peran HDL ini sangat besar karena bila “pemulung” ini tidak ada maka sampah dari LDL akan semakin banyak dan menumpuk, sampai akhirnya menyumbat aliran darah. Tingkat HDL yang tinggi dapat mengurangi resiko penyakit jantung tingkat rendah. Jadi tidak semua kolesterol itu merugikan kesehatan.
  • Low-Density Lipoprotein ( LDL / Kolesterol yang jahat )Adalah kolesterol yang berfungsi mengangkut kolesterol, trigliserida, dan lemak lain ( lipid ) dalam darah ke berbagai bagian tubuh. secara lebih rinci , fungsi utama dari LDL adalah untuk mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan dengan menggabungkannya ke dalam membran sel. LDL seringkali disebut sebagai kolesterol jahat karena jika kadar LDL yang tinggi akan mengakibatkan penyakit kardiovaskuler, salah satunya adalah terjadinya penyumbatan arteri atau pembuluh nadi bila kadar LDL terlalu tinggi.

Dan itulah pengenalan singkat dari kolesterol. Dan untuk mengenal lebih jauh lagi, kami akan bahas apa yang menjadi penyebab dari tingginya kolesterol tersebut.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Secara umum yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah adalah gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya edukasi / pengetahuan mengenai kandungan dari makanan yang di konsumsi. Karena itulah pengetahuan yang luas sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda. Dan berikut adalah penyebab dari tingginya kolesterol :

  1. Merokok.
  2. Terlalu banyak makan makanan yang berlemak.
  3. Kegemukan / Obesitas.
  4. Besarnya lingkar pinggang.
  5. Konsumsi yang berlebih dari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti : susu, keju,  daging merah, daging babi, daging domba, roti ( seperti donat, muffin ), permen, Snack asin, Minyak sawit dan kelapa, saus ( mayones / saus tomat ).
  6. Kurang berolah raga.
  7. Diabetes.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal, maka akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan mengendapnya kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang dikenal dengan istilah aterosklerosis ( pembentukan plak pada pembuluh darah ).

Kalau penyempitan dan pengerasan ini cukup berat dan dibiarkan, sehingga menyebabkan asupan darah ke otot jantung tidak cukup, maka akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada rongga dada yang disebut sebagai angina. Dan bila berlanjut akan menyebabkan matinya jaringan otot jantung yang disebut infark miokard. Jika infark miokard meluas, maka akan timbullah gagal jantung.

Apabila kolesterol juga menghambat pembuluh darah sehingga menyebabkan otak tidak mendapatkan cukup suplai darah dan oksigen. Maka hal ini akan menyebabkan Stroke.

Tips Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Setelah anda mengetahui apa itu kolesterol, apa yang menyebabkannya menjadi tidak normal, dan juga dampak dari bahaya kolesterol tinggi, sekarang kami akan memberitahu kepada anda tips bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami dan tentunya aman untuk dilakukan.

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah dengan mulai memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari. Yah, hal ini meskipun sederhana tapi dampaknya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda. Bagaimana tidak ? karena penyebab utama dari tingginya kolesterol adalah dari asupan dari nutrisi makanan yang tidak teratur. Jika anda mempunyai kolesterol yang tinggi mulailah mengkonsumsi makanan seperti ikan yang mengandung asam lemak omega-3, Beras merah, Gandum, dan Bayam.

  1. Ikan Yang Mengandung Asam Lemak Omega-3Mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 akan menurunkan kadar kolesterol jahat. Omega 3 baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak karena serangan jantung.karena Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat bagi jantung, American Heart Association merekomendasikan setidaknya makan dua porsi ikan dalam seminggu. Tingkat tertinggi asam lemak omega-3 berada di :

    • Ikan salmon.

    • Ikan kembung.

    • Ikan trout.

    • Ikan haring.

    • Ikan sarden.

    • Tuna albacore.

  2. Beras MerahMengapa beras merah ? karena beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah sangat baik untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.
  3. GandumGandum merupakan sereal bergizi yang tentunya bermanfaat sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengkonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum dan sereal instant.
  4. BayamSayuran hijau yang satu ini mengandung zat yang disebut lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berkhasiat sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

Rekomendasi pengobatan

Bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol secara alami, kami sarankan anda untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3 yang sudah terbukti berkhasiat untuk kesehatan kolesterol anda. Dan nama minyak ikan tersebut adalah => Deep Sea Fish Oil Softgel

Well good people, demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda mengenai tips untuk menurunkan kolesterol secara alami, semoga nantinya artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga 

Ciri-Ciri Penderita Penyakit TBC Tulang

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Paru-Paru Kotor

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Ginjal Bengkak

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Batu Ginjal

Tips Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *