Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran Sendi

Selamat datang dan terima kasih anda sudah berkunjung di website www.jagonyaobatherbal.com agen resmi dan terpercaya penjual berbagai macam obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas tentang Ciri-ciri pengeroposan tulang.

Mengenal lebih jauh apa itu pengapuran sendi

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran SendiCiri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran Sendi – Selama ini Banyak orang di negeri ini yang salah mendefinisikan tentang penyakit pengapuran ( osteoarthritis ) dan pengeroposan ( osteoporosis ). Yah, hal ini mungkin saja disebabkan karena dampak dari kedua penyakit itu memiliki kemiripan, yakni tulang mudah patah. Lebih dari itu, kedua penyakit itu kerap menyerang orang yang berusia lanjut.

Secara umum, perbedaan penyakit pengapuran dan pengeroposan tulang terletak pada bagian tubuh yang diserang. Penyakit pengapuran merupakan penyakit degeneratif yang menyerang bagian persendian tubuh, sedangkan osteoporosis menyerang tulang tubuh.

WHO  mendefinisikan osteoporosis sebagai penyakit tulang keropos. Hal ini disebabkan, sebagian besar penderita osteoporosis, massa tulangnya berkurang atau mengalami penyusutan. Sebagai catatan saja, massa tulang terdiri dari kalsium serta senyawa kolagen yang berfungsi ibarat semen bagi tulang.

Pengeroposan ini berakibat, tulang menjadi tidak kuat menahan beban berat. Bahkan, benturan ringan sekalipun dapat menyebabkan tulang menjadi patah. Itu sebabnya, bagi anda yang telah berusia lanjut, sebisa mungkin sebaiknya hindari aktifitas yang berat.

Pengobatan penderita penyakit osteoarthritis dan osteoporosis pun berbeda. Untuk mengantisipasi osteoporosis, hal yang harus dilakukan adalah dengan menambah jumlah asupan kalsium sejak usia muda, misalnya mengkonsumsi susu. Direkomendasikan pula, untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

Setelah anda membaca pengertian diatas, tentunya anda sudah tahu bukan ? Bahwa osteoporosis dan osteoarthritis adalah 2 penyakit yang berbeda. Dan sekarang kami akan membahas tentang osteoarthritis atau pengapuran tulang.

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran Sendi

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran SendiOstheoarthritis adalah kondisi kronis yang umumnya terjadi pada sendi. Ostheoarthritis dapat mempengaruhi kesehatan serta fungsi dari setiap sendi tulang, seperti lutut, pinggul, punggung bawah dan leher, dan sendi kecil seperti sendi pada jari-jari. Di amerika  sedikitnya sekitar 27 juta orang menderita penyakit ini.

Pada sendi terdapat jaringan ikat yang kaku tapi fleksibel yang dikenal dengan Tulang rawan. Tulang rawan hampir terdapat dalam setiap sendi antar tulang, diantaranya tulang rusuk, telinga, hidung, saluran bronkial, cakram antar-vertebral, siku, lutut dan pergelangan kaki. Dan pada kondisi osteoarthritis, tulang rawan ini akan mengalami kerusakan sehingga apabila bergerak akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat, pembengkakan, serta berbagai masalah persendian lainnya.

Bila tidak ditanggapi secara serius, penyakit ostheoarthritis akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, tulang rawan akan pecah atau yang biasa disebut herniasi atau taji.

Dan berikut adalah ciri-ciri dari pengapuran sendi :

  1. Lutut terasa kaku dan sulit digerakkan.
  2. Lutut akan terasa ngilu saat duduk jongkok maupun saat bangkit dari duduk.
  3. Lutut akan membengkak serta muncul bengjolan.
  4. Apabila lutut bergerak akan mengeluarkan bunyi “krik” atau disebut juga Krepitasi.
  5. kelemahan dan disabilitas.

Faktor resiko penyebab Ostheoarthritis

  • Usia

Usia tentunya sangat berpengaruh terhadap fungsi persendian. Karena semakin bertambahnya umur seseorang, kepadatan tulang dan kelenturan tulang rawan akan semakin berkurang.

  • Jenis Kelamin

Wanita dianggap lebih beresiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Meskipun, belum ada penelitian pasti akan hal ini.

  • Pekerjaan

seseorang yang memiliki pekerjaan / aktivitas yang berat akan menyebabkan sendi mendapat tekanan yang lebih besardalam jangka waktu yang lama. Osteoartritis juga bisa disebabkan oleh cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi. Para atlit berkemungkinan besar terkena penyakit ini.

  • Obesitas

Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan tubuh, hal ini juga meningkatkan resiko terkena osteoarthritis. Selain itu, kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan osteoarthritis adalah diabetes dan rematik.

Bahaya Ostheoarthritis

  1. Pergerakkan menjadi sulit karena rasa nyeri pada sendi.
  2. Resiko terjatuh.
  3. Patah Tulang.
  4. Kelumpuhan.

Pengobatan Ostheoarthritis

Pengobatan terbaik untuk Ostheoarthritis adalah dengan pencegahan sedini mungkin, yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung mineral seperti kalsium / magnesium, atau vitamin D. Zat nutrisi ini berguna untuk menjaga serta merawat kesehatan tulang anda. Dokter spesialis tulang bahkan menganjurkan untuk mengkonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan tulang, karena suplemen tulang akan jauh lebih efektif sebagai penyuplai nutrisi tulang sehingga kesehatan tulang akan lebih terjaga untuk waktu yang lebih lama.

Dan suplemen yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Triflex Capsule. Untuk mengetahui informasi lengkapnya tentang produk ini silahkan kunjungi => Triflex Capsule.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon maaf bila ada salah kata.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Baca Juga

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengeroposan Tulang

Ciri-Ciri Penderita Penyakit TBC Tulang

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Pengapuran Sendi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *