Cara Penularan Penyakit TBC Tulang

      Tak ada komentar pada Cara Penularan Penyakit TBC Tulang

Cara Penularan Penyakit TBC Tulang

Cara Penularan Penyakit TBC TulangCara Penularan Penyakit TBC Tulang – Tahukah anda ? kalau selama ini ternyata banyak orang yang menjauhi dan mengucilkan orang yang menderita penyakit TBC tulang, karena mereka khawatir kalau nantinya akan tertular penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis tersebut. Namun, anggapan tersebut sangatlah tidak benar.

Mengapa penyakit TBC tulang tidak menular ?

Hal ini dikarenakan, Meskipun sekitar setengah dari semua penderita TBC tulang juga mengalami infeksi paru-paru, akan tetapi penyakit ini biasanya sudah tidak aktif lagi pada organ tersebut. Ini berarti, kebanyakan pasien dengan TBC tulang tidak menderita batuk dan bersin-bersin. Pasien dengan TBC tulang umumnya tidak menular karena penyakit TBC menyebar melalui batuk yang mengeluarkan partikel pembawa bakteri yang masih aktif dan beresiko menular. 

Jadi jika anda mempunyai keluarga, sahabat, ataupun tetangga yang menderita penyakit ini, alangkah baiknya anda tidak perlu menjauhi dan mengucilkan mereka, karena mereka sama sekali tidaklah berbahaya. Satu-satunya yang harus anda jauhi dan hindari adalah penyakitnya dan sama sekali bukan orangnya, karena bagaimanapun juga bagi mereka yang menderita penyakit ini kehadiran anda begitu sangat berharga.

Dan dibawah ini adalah, cara-cara atau tips untuk menghindari dari penyakit TBC tulang :

  1. Pemberian Imunisasi BCGKarena gerbang awal dari penyakit TBC tulang adalah TBC paru-paru, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memperkuat tubuh agar tidak mudah terserang bakteri Mycobacterium Tuberculosis penyebab TBC paru-paru dengan cara pemberian imunisasi BCG. Ketahanan terhadap penyakit TBC berkaitan dengan keberadaan virus tubercel bacili yang hidup di dalam darah. Itulah mengapa, agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkanlah jenis basil tak berbahaya ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Calmette Guerin). Imunisasi BCG biasanya dilakukan ketika bayi. Jika Anda memiliki bayi, maka berikanlah imunisasi BCG.
  2. Menggunakan maskerJika anda akan melakukan aktifitas sosial ( seperti mengobrol ) bersama orang yang menderita TBC, sebaiknya anda menggunakan masker sebagai alat pelindung diri yang berguna untuk mencegah penularan penyakit ini. Bukan hanya saat beraktifitas, kalau anda memasuki ruangan penderita TBC, sebaiknya anda juga memaki masker karena di khawtairkan si penderita sebelumnya sempat bersin / batuk dan membuat bakteri ini ada di udara.
  3. Minum obat pencegah dan ber prilaku hidup sehat.
  4. Rumah mempunyai ventilasi udara yang baik.
  5. Sering berjemur di bawah sinar matahari ketika pagi hari, karena sinar UV mampu membunuh bakteri penyebab TBC.
  6. Jika anda seseorang yang sudah mengidap penyakit TBC tulang, sebaiknya anda janganlah meludah dan membuang dahak secara sembarangan. karena ludah dan dahak penderita TBC merupakan media utama untuk menularkan penyakit tersebut.

Rekomendasi Pengobatan

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar cara mengobati penyakit TBC tulang secara alami tanpa operasi, silahkan kunjungi => CARA MENGOBATI TBC TULANG SECARA  ALAMIDemikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda, Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Cara Penularan Penyakit TBC Tulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *