Penyebab Penyakit TBC Tulang

      Tak ada komentar pada Penyebab Penyakit TBC Tulang

Penyebab Penyakit TBC Tulang

Penyebab Penyakit TBC TulangPenyebab Penyakit TBC Tulang – TBC atau Tuberculosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis, Mycobacterium tuberculosis merupakan agen etiologi tuberkulosis pada manusia, dan Manusia adalah satu-satunya reservoir / tempat berkembangnya bakteri ini. Mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri nonmotile berbentuk seperti batang yang berukuran cukup besar jika dibandingkan dengan bakteri Actinomycetes. Mycobacterium tuberculosis adalah organisme aerob obligat, yaitu organisme yang hanya beraksi jika ada bantuan dari oksigen, oleh sebab itulah kenapa TBC selalu menyerang paru-paru.

Namun, TBC / Tuberculosis tidak hanya menyerang paru-paru saja, bakteri yang menyebabkan TBC yaitu Mycobacterium Tuberculosis dapat menyebar melalui aliran darah sehingga akan menginfeksi jaringan / organ tubuh lainnya dan salah satunya adalah tulang.

Virus Mycobacterium Tuberculosis yang telah menyebar ini dapat menyerang hampir semua tulang tapi yang paling sering terjadi adalah :

  • Tulang belakang.
  • Pinggul.
  • Lutut.
  • Kaki.
  • Siku.
  • Tangan.
  • Bahu

Tulang yang sudah terinfeksi virus Mycobacterium Tuberculosis akan kehilangan kepadatannya karena peradangan serta terganggu juga fungsinya. Bila tulang telah meradang maka tulang tersebut perlahan akan semakin rapuh dan rentan / mudah patah. Dan berikut adalah faktor resiko penyebab TBC tulang :

  • Umur : Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di New York pada Panti penampungan orang-orang gelandangan menunjukkan bahwa kemungkinan mendapat infeksi tuberkulosis aktif meningkat secara bertahap sesuai bertambahnya umur. Di Indonesia diperkirakan 75% penderita tuberculosis adalah kelompok usia produktif yaitu 15-50 tahun.

  • Pendidikan : Tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi terhadap edukasi seseorang mengenai rumah yang memenuhi syarat layak huni sehingga akan meningkatkan drajat kesehatan. Dengan pengetahuan yang cukup maka seseorang akan mencoba untuk mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat.
  • Pekerjaan : pekerjaan seseorang nantinya akan kesehatan seseorang, bagaimana tidak ? bila seseorang bekerja dalam lingkungan yang kotor dan banyak debu serta polusi, maka bisa dipastikan kalau kualitas udara dimana dia bekerja sangat jauh dari standar udara bersih. Hal itu akan menyebabkan mudahnya terserang penyakit ISPA ( infeksi saluran pernafasan akut ) dan meningkatkan resiko terkena TBC.
  • Merokok : Merokok sudah tentu akan meningkatkan resiko untuk terkena berbagai penyakit pada organ pernapasan diantaranya kanker paru-paru, penyakit jantung koroner, dan bronchitis kronis. Kebiasaan merokok juga meningkatkan resiko untuk terkena TBC 2.5 kali lipat daripada orang yang tidak merokok.
  • Asupan Gizi : Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan asupan gizi yang kurang mempunyai resiko 3,7 kali untuk terkena TBC dibandingkan dengan orang yang asupan gizinya cukup atau lebih. Kekurangan gizi pada seseorang akan berpengaruh terhadap kekuatan daya tahan tubuh dan respon immunologik terhadap penyakit.

Pada banyak kasus yang terjadi, TBC ini tidak menimbulkan gejala yang khusus. Namun, menurut penuturan para penderita penyakit TBC tulang ini, mulanya mereka merasakan gejala mirip seperti rematik. Karena itu, jika anda merasakan gejala yang mirip rematik, jangan dianggap remeh karena bisa saja itu adalah gejala awal dari penyakit TBC Tulang. Gejala lainnya biasanya terjadi pada sendi yaitu berupa pembengkakan, nyeri dan sendi menjadi sulit untuk digerakkan.

Bila keadaannya sudah seperti itu, maka harus segera diberikan pengobatan karena jika dibiarkan di khawatirkan akan menyebabkan pengapuran sendi dan dapat meningkatkan resiko kelumpuhan.

Rekomendasi Pengobatan

Bagi anda yang ingin mengetahui cara untuk mengobati / mencegah penyakit TBC tulang silahkan kunjungi => CARA MENGOBATI TBC TULANG SECARA ALAMI.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Posted By : Jagonya Obat Herbal

Penyebab Penyakit TBC Tulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *