Pengertian Dan Fungsi Kelenjar Tiroid

      Tak ada komentar pada Pengertian Dan Fungsi Kelenjar Tiroid

Selamat datang di webste kesehatan www.JagonyaObatherbal.com. Distributor Obat Herbal Jelly Gamat QNC Asli dan Terpercaya, melayani pemesanan dan pengiriman ke seluruh wialayah di Indonesia. Bagi Anda yang menderita pembengkakan kelenjar tiroid tidak perlu khawatir, karena kini Jelly Gamat QNC efektif mengatasi keluhan Anda sampai tuntas.

Disini juga kami memberikan pelayanan luar biasa yaitu KIRIM BARANG DAHULU, SETELAH SAMPAI BARU TRANSFER PEMBAYARAN & GARANSI 100% UANG KEMBALI BILA PEMESANAN TIDAK SAMPAI / RUSAK.

Pengertian Dan Fungsi Kelenjar Tiroid

Seperti pada kesempatan sebelumnya kami memberikan rekomendasi yang tepat dalam mengatasi penyakit kelenjar tiroid dalam artikel Cara Efektif Mengobati Kelenjar Tiroid Secara Alami. Dan kini kami akan mengupas tuntas informasi tentang Pengertian Dan Fungsi Kelenjar Tiroid pada tubuh. Tanpa berlama – lama lagi mari kita simak ulasan selengkapnya…

Menurut laman Wikipedia, Kelenjar Tiroid merupakan salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia yang terletak dibagian depan leher atau lebih tepatnya di bawah laring. Bentuk kelenjar tiroid seperti kupu kupu dengan dua sayap dengan diameter sekitar 5 cm.

Dalam keadaan normal atau tidak mengalami gangguan kelenjar tiorid sama sekali tidak terlihat dan hampir tidak teraba. Selain itu, fungsi utama dari kelenjar ini adalah untuk mengatur kecepatan metabolisme tubuh melalui hormon hormon yang disekresikannya.

Tiroid mengeluarkan dua hormon penting, yaitu:

  • Triiodotironin.
  • Tiroksin.

Hormon Triodotironin dan Tiroksin memiliki fungsi yang cukup baik dengan mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.

Baca juga : Cara Efektif Mengobati Kelenjar Tiroid Secara Alami

Jika Tiroid mengeluarkan terlalu sedikit Triodotironin dan Tiroksin, maka tubuh akan merasa kedinginan, letih, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya jika terlalu banyak, tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.

Ketika kondisi tersebut terjadi penting untuk Anda memeriksakannya karena jika kondisi tersebut dibiarkan, akan mempengaruhi kelenjar tiroid sehingga mengakibatkan pembengkakan atau pembesaran kelenjar tiroid dan rasa tidak nyaman.

Penyebab dari gangguan pembengkakan kelenjar tiroid terjadi akibat berbagai faktor, seperti :

  • Adanya masalah yang terjadi pada kelenjar piuari, yang terletak di bagian bagian otak.
  • Karena adanya pajanan radiasi menyebabkan rusaknya kelenjar tiroid.
  • Obat litium yang sering dikonsumsi juga akan menyebabkan gangguan kelenjar tiroid.
  • Adanya zat iodin dalam tubuh yang terlalu banyak.

Menurut Dokter Farid Kurniawan, SpPD dari Fakultas Kedokteran UI “Bentuk gangguan tiroid adalah hipertiroid, hipotiroid, dan kanker tiroid. Hipertiroid yang berat, sering disebut krisis tiroid atau badai tiroid (thyroid storm), jika tidak dicegah dan ditangani dengan baik dapat mengancam jiwa,” ujarnya.

Baca juga : Cara Efektif Mengobati Kelenjar Tiroid Secara Alami

Fungsi Dari Kelenjar Tiroid

Fungsi Utama Kelenjar Tiroid adalah untuk memproduksi hormon yang dapat mengatur kecepatan metabolisme tubuh. Karena berhubungan dengan proses metabolisme tubuh, maka kelenjar tiroid akan mempengaruhi banyak proses vital yang terjadi di dalam tubuh, dan menurut laman www.ilmudasar.com berikut adalah beberapa fungsi kelenjar tiroid :

  • Peningkatan denyut jantung, curah jantung dan laju pernapasan seseorang.
  • Peningkatan konsumsi oksigen dan tingkat pengeluaran energi tubuh.
  • Meningkatkan penyerapan glukosa oleh usus dan meningkatkan produksi glukosa oleh hati.
  • Penting untuk portumbuhan dan pematangan sistem saraf pusat.
  • Mempengaruhi siklus menstruasi seseorang.
  • Mempercepat pembersihan kolesterol dari plasma.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013, terdapat sekitar 0,4% populasi Indonesia menderita hipertiroid. Wanita lebih banyak menderita penyakit ini dibandingkan dengan pria. Masyarakat perkotaan cenderung berisiko lebih tinggi menderita gangguan tiroid dari pada masyarakat pedesaan.

Ini berarti kaum wanita harus lebih waspada terhadap penyakit yang disebabkan kelenjar tiroid. Salah satunya adalah dengan mengenali gangguan pada organ lewat ciri-ciri fisik pada leher.

Jika pada bagian depan leher tampak membengkak atau ada tonjolan yang tidak normal, maka anda perlu waspada. Meskipun belum pasti, ini adalah pertanda adanya kelainan pada kelenjar tiroid.

Semoga informasi yang kami berikan untuk Anda bermanfaat. Terima kasih

Baca juga artikel menariknya :

Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi Secara Alami Dan Cepat

Salam Sehat Keluarga Indonesia 🙂

Post by Jagonya Obat Herbal

Pengertian Dan Fungsi Kelenjar Tiroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *