Pengertian Dan Penanganan Cedera Hamstring

      Tak ada komentar pada Pengertian Dan Penanganan Cedera Hamstring

Selamat datang di www.JagonyaObatHerbal.com. Distributor resmi penjual Obat Herbal Walatra Sehat Sendi yang Terpercaya dan Terbaik Di Indonesia. Bagi Anda yang menderita cedera pada hamstring, jangan khawatir dan cemas! Kini telah hadir solusi herbal Walatra Sehat Sendi solusi herbal atasi cedera hamstring sampai tuntas.

Pengertian Dan Penanganan Cedera Hamstring

Pengertian Dan Penanganan Cedera Hamstring – Cedera hamstring adalah cedera yang terjadi pada otot-otot yang ada di paha bagian belakang. Cedera hamstring juga termasuk cedera yang sering terjadi pada atlet atau olahragawan karena cedera hamstring ini dapat terjadi saat seseorang melakukan aktivitas seperti berlari, melompat, memanjat, dan aktivitas aktivitas lainnya yang menuntut seseorang untuk membengkokan tungkai kaki.

Cedera hamstring terjadi ketika otot paha (hamstring) tertarik. Cedera hamstring dapat menyebaban kerusakan otot paha, baik sebagian atau seluruhnya. Meskipun cedera hamstring tidak menyebabkan kematian, namun karena penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama, akan mengakibatkan kerugian yang besar bagi para atlet, terlebih risiko berulangnya kejadian pada atlet yang pernah mengalaminya.

Bagian belakang paha dibentuk oleh 3 macam otot yang secara keseluruhan dikenal sebagai otot hamstring, yaitu otot semitendinosus, otot semimembranosus dan otor bisep femoris. Otot-otot ini bermula dari bagian bawah panggul di sebuah tempat bernama tuberositas iskia, kemudian menyebrangi sendi lutut dan berakhir di bagian bawah kaki.

Otot-otot ini bekerja secara berlawanan dengan otot-otot paha depan untuk meluruskan dan menekuk bagian lutut, sehingga mampu menimbulkan suatu pergerakan kaki. Otot yang paling sering mengalami cedera adalah otot hamstring.

Penyebab Cedera Hamstring.

Penyebab cedera hamstring terjadi ketika otot-otot hamstring mengalami peregangan atau kontraksi berlebihan, secara tiba-tiba. Hal ini dapat memicu timbulnya robekan, baik robekan menyeluruh dari komponen-komponen otot pembentuk hamstring atau hanya sebagian dari komponen serat-seratnya saja. Cedera hamstring dapat terjadi pada 4 tempat yaitu pada asal (pangkal) otot, daerah persimpangan otot musculotendinous, pada bagian perut otot atau pada bagian ujung otot.

Berikut beberapa hal yang merupakan faktor risiko cedera hamstring :

  • Kelenturan otot yang buruk – Hal ini bisa menyebabkan otot tidak mampu menahan beban aktivitas tertentu yang memerlukan kelenturan otot.
  • Olahraga – Pilihan aktivitas fisik yang lebih mengutamakan pergerakan kaki untuk berlari seperti pada pelari cepat, pesebak bola, pemain basket, penari, atlet remaja yang masih tumbuh dan atlet berusia tua.
  • Riwayat cedera hamstring – Jika seseorang pernah terkena cedera hamstring, maka ia memiliki risiko lebih besar untuk terkena lagi.
  • Perkembangan otot tidak seimbang – Beberapa ahli menyatakan bahwa jika otot-otot paha bagian depan berkembang menjadi lebih kuat, maka otot-otot paha bagian belakang (hamstring) lebih rentan mengalami cedera.

Gejala dan Tanda Cedera Hamstring.

Cedera hamstring atau cedera otot belakang paha sering terjadi tiba-tiba saat sedang melakukan aktivitas. Jika otot hamstring mengalami cedera, biasanya penderita akan merasakan beberapa hal berikut :

  • Rasa nyeri yang hebat.
  • Otot terasa robek atau terputus pada bagian belakang paha.
  • Bengkak dan terasa lunak dalam beberapa jam setelah cedera terjadi.
  • Otot melemah atau kaki tidak mampu mengangkat beban.
  • Lebam atau memar pada lokasi cedera.

Bahaya Cedera Hamstring

Cedera hamstring yang dialami seseorang dapat menimbulkan komplikasi. Komplikasi dapat berupa cedera berulang atau menurunnya kekuatan otot secara permanen.

Penanganan Cedera Hamstring

Penanganan cedera hamstring bervariasi, bergantung pada jenis cedera yang terjadi, tingkat keparahan, kebutuhan dan harapan penderita sendiri.

Tujuan penanganan cedera hamstring adalah untuk membantu penderita dapat melakukan aktivitasnya kembali, mengembalikan kemampuan penderita lebih cepat, dan mencegah masalah lebih lanjut di masa mendatang.

Penggunaan ramuan herbal sering digunakan dalam pengobatan cedera hasmtring. Hal ini karena penggunaan ramuan herbal sangat aman tanpa efek samping, dan tentunya tidak perlu memerlukan banyak biaya.

Salah satu ramuan herbal yang sering digunakan saat ini adalah akar kuning, bratawali dan daun salam. Perpaduan dari ramuan herbal tersebut mampu memberikan efektifitas penyembuhan dari pengobatan cedera hamstring.

Bagi Anda yang ingin merasakan ramuan herbal tersebut, tidak perlu repot repot mengolahnya. Kini telah hadir obat herbal yang terbuat dari ramuan herbal yang terbuat dari ramuan herbal tersebut yaitu Walatra Sehat Sendi. Dan bagi Anda yang sedang mencari obat herbal dari ramuan herbal tersebut semuanya terangkum disini, KLIK => Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring Secara Alami

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Baca juga artikel menarik lainnya :

Cara Mengobati Penyempitan Tulang Belakang

Walatra Sehat Mata Softgel

Post by Jagonya Obat Herbal

Pengertian Dan Penanganan Cedera Hamstring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *