10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Hipertiroid

Selamat datang di www.jagonyaobatherbal.com. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang 10 pantangan makanan untuk penderita penyakit hipertiroid serta memberikan rekomendasi pengobatan yang baik dan benar untuk penderita hipertiroid sampai tuntas dengan aman tanpa efek samping…

10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Hipertiroid

10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Hipertiroid – Hipertiroid merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif, sehingga menghasilkan terlalau banyak hormon tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3). Yang berfungsi untuk melepaskan hormon yang mengontrol metabolisme, pernapasan, detak jantung, sistem saraf, berat badan, suhu tubuh, dan banyak fungsi lain dalam tubuh.

Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif, metabolisme tubuh akan meningkat dan mungkin mengalami kegelisahan, kecemasan, detak jantung yang cepat, tremor tangan, keringat berlebih, penurunan berat badan, dan masalah tidur.

Penyebab hipertiroid yang paling umum adalah penyakit Graves ‘penyakit autoimun. Dalam gangguan ini, tubuh membuat antibodi (protein yang diproduksi oleh tubuh untuk melindungi terhadap virus atau bakteri) yang disebut thyroid-stimulating immunoglobulin (TSI) yang menyebabkan kelenjar tiroid membuat terlalu banyak hormon tiroid dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Untuk itu diperlukan penanganan medis yang baik dan benar supaya terhindar dari kondisi yang membahayakan penderitanya. Selain perawatan medis, banyak mengkonsumsi makanan yang sehat untuk penderita hipertiroid, serta terbatas pada makanan tertentu, dapat membantu meminimalkan gejala Anda.

Berikut adalah pantangan makanan untuk penderita hipertiroid yang perlu Anda hindari, antara lain :

  • Makanan Beryodium.

Yodium merupakan bahan yang mampu meningkatkan kinerja kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroksin. Makanan yang mengandung banyak yodium harus dihindari jika Anda terkena penyakit hipertiroid.

  • Produk Susu.

Penelitian yang telah dilakukan oleh sebagian besar ilmuwan membuktikan bahwa susu dan produk olahannya tidak disarankan bagi penderita hipertiroid. Pasalnya, dalam susu maupun produk olahan dari susu masih terkandung penisilin yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Kedelai.

Kedelai termasuk jenis makanan yang harus dihindari ketika menderita hipertiroid. Kedelai mengandung isoflavongoitrogen yang mengganggu kinerja kelenjar tiroid.

  • Tepung Terigu.

Tepung terigu merupakan bahan makanan yang sulit untuk dicerna. Apalagi kandungan nutrisi yang termuat didalamnya juga lebih rendah dibandingkan dengan biji-bijian. Makanan dengan bahan utama tepung terigu akan menyebabkan kadar glikemik yang tinggi pada tubuh sehingga memicu peningkatan hormon dan gula dalam darah.

  • Gorengan.

Gorengan mengandung minyak dalam jumlah yang besar. Minyak inilah yang merupakan sumber kolesterol tinggi yang akan menjadi pemicu hipertiroid bagi seseorang. Lemak pada camilan yang digoreng juga termasuk lemak tidak sehat yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  • Makanan atau Minuman Manis.

Makanan atau minuman yang bercitarasa manis, sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dulu oleh penderita hipertiroid. Apalagi jenis makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan seperti Aspartam dan sejenisnya. Kandungan Aspartam yang dikonsumsi tubuh akan menyebabkan reaksi imun yang menyebabkan peradangan tiroid dan produksi antibody tiroid.

  • Daging Merah.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam daging merah mengakibatkan gangguan pada keseimbangan hormonal tubuh. Kelebihan konsumsi daging merah disaat Anda mengalami penyakit lain seperti serangan jantung, diabetes tipe 2, kolesterol. justru akan menyebabkan Anda sulit sembuh dari hipertiroid tersebut.

  • Kafein.

Kafein yang terkandung dalam minuman kopi atau teh mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai stimulant. Hal ini bisa membuat kinerja kelenjar tiroid semakin meningkat, dan berakibat bagi penderita hipertiroid yang mengalami penurunan kondisi kesehatan.

  • Alkohol.

Mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang harus dihindari oleh penderita hipertiroid. Bahaya akibat minum minuman keras sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan seseorang. Kebiasaan ini bisa memicu efek stimulant serta berdampak buruk pada kelenjar tiroid.

  • Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak bukan berasal dari makanan yang diolah dengan cara digoreng saja. Beberapa jenis makanan seperti lemak daging atau bagian lemak pada paha ayam, dan sejenisnya juga termasuk dalam makanan berlemak. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, lemak jenuh juga memicu hormon tiroksin semakin meningkat.

Rekomendasi Pengobatan Hipertiroid

Bukan hanya menghindari makanan yang diatas, Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan ramuan herbal yang berkhasiat untuk penyakit hipertiroid. Dan apabila Anda mencari pengobatan yang terbuat dari komposisi ramuan herbal berkhasiat?? Silahkan Anda kunjungi => Obat Herbal Hipertiroid

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Sumber :

www.onlymyhealth.com/health-slideshow/9-foods-to-avoid-with-an-overactive-thyroid-1426240381.html
https://www.livestrong.com/article/410412-foods-to-avoid-with-hyperthyroidism/

Baca juga artikel lainnya :

Apakah Penyakit Hipertiroid Bisa Menular Atau Tidak?

Apakah Benar Hipertiroid Bisa Mempengaruhi ASI?

Post by Jagonya Obat Herbal

10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Hipertiroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *