9 Tanaman Obat Untuk Penyakit Hipertensi Paling Ampuh

Selamat datang di www.jagonyaobatherbal.com. Situs resmi yang akan memberikan informasi tentang ramuan herbal yang berkhasiat untuk mengatasi hipertensi secara tuntas dan aman tanpa efek samping.

9 Tanaman Obat Untuk Penyakit Hipertensi Paling Ampuh

Dikuti dari situs hellosehat.com. Hipertensi atau sering dikenal dengan Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah dan organ-organ lain dalam tubuh. Jika dibiarkan dan tidak segera diobati, tekanan darah tinggi bisa menimbulkan komplikasi berbahaya :

  • Penyakit jantung koroner.
  • Gagal jantung.
  • Stroke.
  • Gagal ginjal.
  • Kebutaan.
  • Diabetes melitus.
  • dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

Stroke (51%) dan Penyakit Jantung Koroner (45%) merupakan penyebab kematian akibat hipertensi tertinggi di Indonesia. Dan menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan bahwa 25,8 persen penduduk Indonesia mengidap hipertensi.

Baiklah, sebelum kita mengetahui ramuan herbal berkhasiat untuk membantu mengatasi penderita hipertensi, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang penyakit hipertensi itu sendiri. Mari kita simak selengkapnya…

9 Tanaman Obat Untuk Penyakit Hipertensi Paling Ampuh – Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan nama tekanan darah tinggi ini merupakan Kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan darah normal berkisar di angka 120/80 mmHG. Seseorang akan disebut memiliki darah tinggi atau mengidap hipertensi jika hasil pembacaan tekanan darah menunjukkan 140/90 mmHG. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengganggu sirkulasi darah.

Tekanan darah sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung dan daya tahan pembuluh darahnya.

Penyebab masalah hipertensi

Hipertensi terbagi atas hipertensi primer dan sekunder. Sampai saat ini hipertensi tidak diketahui secara pasti penyebab pastinya. Namun. tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk serta beberapa faktor pendukung lainnya, seperti :

  • Usia.
  • Keturunan.
  • Obesitas.
  • Merokok.
  • Kurang aktivitas fisik dan olahraga.
  • Terlalu banyak makan garam atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

Gejala akibat penyakit hipertensi

Hipertensi bisa dikatakan penyakit yang berbahaya karena dapat terjadi tanpa gejala, sehingga bisa ditemukan saat sudah muncul komplikasi. Namun gejala bisa muncul bila tekanan darah sudah sangat tinggi. Gejala yang mungkin ditimbulkan, antara lain :

  • Kelelahan.
  • Nyeri dada.
  • Sulit bernapas.
  • Darah dalam urin.
  • Sakit kepala parah.
  • Penglihatan buram.
  • Telinga berdenging.
  • Detak jantung tak teratur.
  • Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga.

Ketika gejala diatas mulai muncul, hendaklah melakukan pengobatan untuk mendapatkan penanganan yang baik dan benar. Jika dibiarkan dan tidak diobati, tentunya akan membahayakan nyawa si penderitanya.

Pengobatan yang paling sering digunakan dalam penanganan hipertensi yaitu dengan menggunakan ramuan alami dari tanaman herbal. Kenapa herbal? Karena herbal sudah sejak dulu digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pengobatan termasuk hipertensi dan tentunya aman tanpa efek samping.

Berikut ini adalah tanaman obat untuk hipertensi, antara lain :

Bawang putih.

Bawang putih adalah ramuan yang sangat kuat yang terkenal sangat efektif untuk sejumlah penyakit fisik. Bahkan, untuk pengobatan penyakit tekanan darah tinggi. Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Berlin menemukan bahwa bawang putih dapat menghilangkan nanoplaque.

Nanoplaque adalah senyawa yang terdeposit di dinding sel, yang mengarah ke arteri tersumbat dan aterosklerosis. Bawang putih diketahui dapat menghentikan pembekuan darah, menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan, yang akan menghentikan tekanan darah tinggi.

Ginkgo Biloba.

Sebagai obat hipertensi, Ginkgo biloba dapat mengencerkan darah saat melebarkan pembuluh darah Anda, yang memungkinkan darah untuk bersirkulasi lebih mudah.

menurut University of Maryland Medical Center. Ramuan populer ini juga mengandung antioksidan penting, terpenoid, dan flavonoid, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah, yang meningkatkan kesehatan jantung.

Kayu manis.

Telah digunakan dalam pengobatan tradisional India selama ribuan tahun karena sifat obat alami hipertensi yang manjur. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis setiap hari menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita diabetes.

Kapulaga.

Bumbu harum dari India ini adalah cara alamiah lain yang efektif untuk mengurangi tingkat tekanan darah, karena memiliki antioksidan yang kuat. Obat alami hipertensi ini juga kaya potasium dan magnesium, yang meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.

Biji rami.

Obat herbal hipertensi dari biji rami ini kaya akan asam lemak omega-3 dan asam Alfa-linolenat (ALA), yang merupakan prekursor alami dari asam lemak rantai panjang n-3 cardio-protective.

Bukan hanya itu, biji rami juga melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol serum, menstabilkan tekanan darah, dan meningkatkan toleransi glukosa. Itulah kemampuan yang dimiliki antioksidan yang terkandung dalam biji rami.

Ekstrak Hawthorn.

Obat tradisional hipertensi selanjutnya adalah Hawthorn. Ini kaya flavonoid seperti quercetin dan OPC’s (procyandins oligomer) yang mampu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko hipertensi dengan mengurangi tekanan darah arteri dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Sebuah studi percontohan yang bertujuan untuk menyelidiki potensi hipotensi dari ekstrak hawthorn menunjukkan penurunan yang menjanjikan dalam tekanan darah diastolik yang beristirahat pada minggu ke 10, serta membantu mengurangi kecemasan.

Basil.

Basil adalah pengobatan untuk hipertensi paling aman. ekstrak basil telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, meskipun hanya sebentar.

Eugenol kimia, yang ditemukan dalam kemangi, dapat menghalangi zat-zat tertentu yang mengencangkan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Biji Selederi.

Biji seledri adalah terapi yang efektif untuk hipertensi dalam pengobatan tradisional Cina. Studi telah membuktikan bahwa biji seledri dapat digunakan sebagai pengobatan yang aman dan efektif untuk tekanan darah tinggi, saligus sebagai obat hipertensi paling ampuh, biji seledri juga memiliki efek yang sama untuk mempertahankan tingkat tekanan darah. Itu karena sifat diuretik alami yang dimiliki seledri.

Kunyit.

Terkenal dalam masakan India dan banyak digunakan dalam bumbu di seluruh dunia, kunyit memiliki bahan aktif – kurkumin, yang memiliki banyak efek baik pada tubuh. Termasuk menghambat reseptor angiotensin dalam sistem vaskular, mencegah pembuluh darah dan arteri mengencangkan, sehingga mengurangi ketegangan pada jantung.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Semoga berhasil.

Salam sehat keluarga Indonesia 🙂

Post by Jagonya Obat Herbal

9 Tanaman Obat Untuk Penyakit Hipertensi Paling Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *