Mengenal 5 Jenis Infeksi Kulit Yang Di Akibatkan Oleh Bakteri

Selamat datang di www.jagonyaobatherbal.com. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Jenis Infeksi Kulit Karena Bakteri serta Cara Penanganan Yang Baik. Mari kita simak bersama…

Mengenal 5 Jenis Infeksi Kulit Yang Di Akibatkan Oleh Bakteri

Mengenal 5 Jenis Infeksi Kulit Yang Di Akibatkan Oleh Bakteri – Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita yang berguna untuk melindungi tubuh. Bagian terluar tubuh ini berfungsi melindungi otot, jaringan, tulang dan organ dari berbagai macam gangguan.

Sebagai bagian terluar dari tubuh, kulit sangat rentan terkena berbagai macam infeksi penyakit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya.

Salah satu jenis infeksi kulit kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa menginfeksi kulit dan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara seperti : gigiatan serangga, ingesti, injeksi, sensual transmission dan inhalasi.

Baca juga : Obat Herbal Infeksi Kulit

Adapun tingkat keparahan infeksi bakteri di kulit akan bergantung pada berbagai faktor, seperti daya tahan tubuh dan juga jumlah bakteri yang menginfeksi. Berikut ini adalah tahapan yang terjadi ketika infeksi merusak jaringan, terdapat beberapa antara lain menurut halosehat.com :

  • Bakteri menginduksi respon seluler induk (penerima infeksi bakteri) yang bisa menyebabkan bertambahnya kerusakan di jaringan tubuh, biasanya terjadi dengan mekanisme immunemediated.
  • Bakteri akan memasuki sel inang kemudian langsung menyebabkan kematian sel.
  • Bakteri akan melepaskan racun yang akan merusak atau membunuh sel, merusak pembuluh darah, juga melepaskan enzim yang akan menyebabkan degradasi komponen jaringan, serta menyebabkan nekrosis iskemik.

Dan dibawah ini merupakan beberapa macam infeksi penyakit pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, antara lain :

  1. Selulitis.

Selulitis merupakan kondisi dimana terjadi penyebaran infeksi bakteri dalam kulit dan juga jaringan bawah kulit. Infeksi tersebut mudah menyebar kemudian masuk ke pembuluh getah bening serta aliran darah.

Adapaun gejala dari penyakit itu sendiri antara lain :

  • Mengalami peningkatan denyut jantung.
  • Pada bagian yang terinfeksi kulit terasa panas, nyeri, bengkak dan kemerahan.
  • Pada beberapa kasus, infeksi bisa disertai dengan gejala demam, sakit kepala, dan juga kedinginan.
  • Demam, pusing-pusing dan keringat dingin sebagai reaksi dari peradangan.

2. Abses atau bisul.

Abses atau yang dikenal dengan bisul merupakan suatu kondisi dimana infeksi kulit yang menyerang bagian folikel rambut dan jaringan bawah kulit yang ada di sekitarnya. Bisul sendiri disebabkan oleh bakteri Stafilococus. Bisul paling sering terjadi antara lain di area ketiak, punggung, bokong, dan tungkai.

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi kulit ini seperti :

  • Terdapat benjolan merah berisi nanah dan terasa sakit di kulit.
  • Bila semakin besar, area yang terkena bisul terasa hangat dan sedikit keras.
  • Bisul dapat pecah secara spontan dan mengeluarkan nanah maupun darah.

3. Impetigo.

Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri selanjutnya adalah impetigo. Infeksi kulit yang bisa menyebabkan terbentuknya lepuhan kecil yang berisi nanah. Infeksi kulit ini biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus dan strptokokus. Impetigo bisa menular kepada orang lain melalui kontak langsung dan lebih sering diderita oleh anak-anak, karena sistem imun yang masih lemah.

4. Folikulitis.

Infeksi kulit berikut ini akibat terjadinya peradangan pada selubung akar rambut (folikel). Umumnya menyerang daerah kulit yang ditumbuhi rambut seperti ketiak, kepala, kumis, janggut, tangan dan kaki. Adapun penyebab infeksi kulit ini adalah bakteri stafilokokus.

Tanda – tanda infeksi kulit folikulitis :

  • Muncul beruntus-beruntus merah berisi nanah di sekitar folikel rambut.
  • Umumnya disertai rasa nyeri
  • Beruntus tersebut akan pecah, kemudian mongering dan membentuk koreng.

5. Eritrasma.

Eritrasma adalah infeksi kulit yang terjadi pada lapisan kulit paling atas. Eritrasma biasanya akan muncul pada daerah kulit yang bersentuhan dengan kulit lain, seperti pada ketiak, sela-sela jari kaki, juga area kulit lainnya. Eritrasma disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum.

Infeksi tersebut dapat menyebabkan terbentuknya bercak merah dan bentuknya tidak beraturan, lalu kemudian akan berubah menjadi sisik yang halus dan berwarna coklat, timbul rasa gatal ringan.

Rekomendasi Pengobatan Infeksi Kulit

Pengobatan infeksi kulit juga tergantung pada penyebab infeksi. Dan untuk itu kami hadir dengan membawa solusi herbal terbaik yang mampu secara efektif mengatasi infeksi kulit dengan aman tanpa efek samping serta tuntas hingga ke akar – akarnya. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disini => Obat Alami Infeksi Kulit

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Jagonya Obat Herbal

Mengenal 5 Jenis Infeksi Kulit Yang Di Akibatkan Oleh Bakteri

Baca juga artikel lainnya :

Gejala Infeksi Jamur Kulit Dan Cara Pencegahan

Penyebab Infeksi Kulit Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *